Rabu, 29 Agustus 2012

Maksud dari hadits “Kepalanya bergoyang-goyang bak punuk onta”


1. Mereka (kaum wanita) memperbesar kepala mereka dengan kain perca sampai menyerupai punuk onta.
(Imam Al-Munawi,At-Taisiir Bisyarh Al-Jami’ As-Shogir 2/185)

2. Mereka memperbesar kepala mereka dengan melilitkan imamah atau yang sejenisnya.
(Imam An-Nawawi Syarh Shohih Muslim 14/110)

3. Adalah:mereka yang mengimamahi kepala meraka dengan tutup kepala,dan kepala mereka menjadi (terlihat) besar dan ini ciri khas para penyanyi.
(Iman Ibn Al-Atsir,An-Nihayah Fi Ghoribil Hadits 2/1021)

4. Maknanya adalah : wallahu a’lam,bahwasanya mereka adalah wanita2 yang memperbesar kepala mereka dengan kain atau imamah atau dengan menyambung rambut sampai tingginya (terlihat) menyerupai punuk onta,dan dikatakan juga maknanya adalah wanita2 yang masuk ke majlisnya para lelaki mengangkat pandanganya tanpa menundukkannya karna sudah tidak memiliki rasa malu.
(Imam Al-Humaidi,Tafsir Ghorib Ma Fis Shohihain Al-Bukhari wa Muslim 1/173)

5. Berkata Ibnul ‘Arobi : ini adalah sebuah kiasan,bagi seorang wanita yang memperbesar kepalanya dengan kain perca/sisa supaya orang yang melihat menyangka bahwasanya semua (isinya) adalah rambut dan ini perbuatan yang diharamkan.
(Faidhul Qodir 1/463)

6. Didalam perkara ini ada dua pendapat;pertama bahwasanya mereka kaum wanita memperbesar kepala mereka dengan menyambung rambut atau dengan lilitan kain maka menyerupai punuk onta,kedua bahwasanya mereka mengangkat pandangan (lirik sana sini) kepada kaum laki2 dan tidak menundukkan pandanganya dan mereka menggerak2an/mengangguk2an kepala mereka (untuk menggoda).


(Imam Ibnul Jauzi,Kasyful Musykil min Hadits As-Shohihain 1/1031)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar